Friday, December 13, 2013

Awal Mula Mouse Wireless Komputer

Dewasa ini pengguna komputer saat ini sudah mencapai hampir sama dengan penduduk Indonesia.Mouse komputer yang kita lihat sekarang ini bisa dikatakan sudah cukup canggih, tapi apakah kalian pernah berpikir seperti apa bentuk mouse saat pertama kali diciptakan ?? Dari mana ide itu dibuat ?.
Nah pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang awal mula mouse tercipta dengan pembaca blog. Mouse pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institut. Pada waktu itu memang belum banyak yang menggunakan komputer karena jika ingin menggunakan komputer harus mempunyai keahlian khusus jadi hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan komputer.


Pada waktu itu nenek moyang mouse wireless murah ini dibuat dari bahan dasar kayu dengan hanya memiliki satu buah tombol dibagian atasnya.  Lalu mouse generasi setelahnya memiliki 3 buah tombol dan pada tahun 1970 Douglas Engelbart membuat mouse-xy, lebih dikenal dengan x-y indicator. Mouse ini mempunyai ukuran yang sangat besar dan mempunyai dua buah roda yang saling tegak lurus untuk menggerakan kearah sumbu X dan Y di komputer anda


Lalu pada awal awal 1970 mouse ini mengalami evolusi dengan menggunakan bola untuk menggerakan arah sumbu X dan Y, mouse ini yang menjadi cikal bakal mouse trackball tetapi mouse ini mempunyai kelemahan yaitu mouse ini harus sering dibersihkan pada bagian bola karena banyak debu yang menempel sehingga menghambat pergerakan di layar komputer.
Setelah itu mengalami perubahan lagi dan lahirlah mouse optik yang dibuat oleh Steve Kirsch mouse ini bisa lebih mudah dalam penggunaan serta perawatan. Mouse ini bisa digunakan pada semua permukaan pada dan rata serta permukaannya tidak memantulkan cahaya.
Nah satu lagi hal yang paling dasar, kenapa alat ini dinamakan 'mouse' , kabarnya yang terdengar kenapa disebut mouse karena mouse ini memiliki kabel yang mirip seperti buntut tikus. Lalu kalau begitu kalau sudah bertekhnologi wireless apakah masih bisa disebut  mouse wireless

No comments:

Post a Comment